[REVIEW] PROJECT ALMANAC (2015)

2015-Project-Almanac-Movie-Wallpaper

Director : Dean Israelite

Casts : Jonny Weston, Sofia Black D’Elia, Sam Lerner

Duration : 106 minutes

Studio : Insurge Pictures, Platinum Dunes, MTV Films

Distributor : Paramount Pictures

Film dengan premis penjelajahan waktu? Err….. Kebanyakan orang pada umumnya akan berasumsi bahwa ini adalah film “berat” yang harus menghabiskan energi lebih besar karena otak harus mengolah informasi yang lebih sulit. Tapi bagaimana bila film “yang dianggap berat” tersebut diproduseri oleh – well, siapa yang tidak kenal dengan the one and only – Michael Bay dengan rumah produksi Platinum Dunes –nya bersama dengan MTV Film yang sudah dari dahulu mengusung konsep anak mudanya? Hmm..sounds intriguing? Here we go, Project Almanac.

Sebuah penemuan kamera tua milik ayahnya, ternyata menggiring David (Jonny Weston) dan teman-temannya ke sebuah petualangan yang tak terduga. Semua berawal ketika David menyaksikan video rekaman ulang tahunnya yang ke 7, dimana ia melihat dirinya (yang dewasa) tanpa sengaja tertangkap kamera pada saat itu. Keanehan tersebut pun disampaikanya ke teman-temannya, dan berujung pada penemuan sebuah mesin waktu peninggalan sang ayah yang berada di ruang bawah tanah. Tertarik dengan mesin waktu tersebut mereka pun melakukan perjalanan ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan/kekurangan yang terjadi terdahulu. Namun sayangnya, mereka tidak menyadari efek dari tindakan tersebut. Ketika mereka kembali, ternyata setiap perubahan yang dilakukan pada masa lalu, menghasilkan efek yang berbeda di masa depan.

Didebut film panjang perdananya yang mengusung konsep found footage ini, Dean Israelite, tidak ragu mengarahkan Project Almanac menjadi sebuah sajian yang ringan. Meskipun dengan mengusung premis perjalanan waktu, Project Almanac tidak mencoba untuk terlihat terlalu pintar dalam penceritaanya, justru ia hadir dengan konsep segar dan menghibur. Kebehasilan tersebut tidak terlepas dari Jason Harry Pagan dan Andrew Deutschman, yang juga kali ini menulis untuk film panjang, disisi naskahnya.

Duo Jason – Andrew sepertinya memang tidak terlalu dalam mengeksplor tiap karakternya, tapi justru menitikberatkan penceritaannya pada perjalanan lintas waktu dan sebab-akibat dari tindakan “memperbaiki” masa lalu tersebut sebagai sajian utamanya. Atmosfer kecerian semakin terasa dengan penampilan grup band Imagine Dragon dan Atlas Genius meskipun hanya dalam pertunjukan konsernya.

Ok, let’s wrap it up. Michael Bay – time travel – teen spirit, well, sepertinya sudah menjanjikan sebuah sajian yang tidak hanya menghibur tetapi juga mampu menebar ketegangan di sepanjang durasinya. And so it goes, Project Almanac undeniably a fun ride time travel theme.

3 baru-1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s