BARELY LETHAL – 2015

Barely Lethal

Apa jadinya bila seorang yang telah dididik untuk menjadi pembunuh justru memilih untuk lari dan menjalani kehidupan normal layaknya anak seumurnya, dan kemudian diburu oleh para agen lainya? Well, memajang nama Hailee Steinfeld sebagai lead actress-nya plus Samuel L Jackson, Jessica Alba serta Sophia Turner yang mulai dikenal sejak bermain di Game of Thrones pada supporting unitnya mungkin akan menjadi kekuatan tersendiri, benarkah? Here we go, Barely Lethal.

Adalah Number 83 (Hailee Steinfeld), agen rahasia yang sedari kecil dididik untuk menjadi pembunuh oleh Hardman (Samuel L Jackson) di Prescott Academy. Hingga pada suatu penugasan menangkap seorang penjual senjata, Victoria Know (Jessica Alba), 83 mengalami kecelakaan dan dianggap gugur dalam tugas. Sejatinya, 83 masih hidup dan memutuskan untuk menjalani kehidupan normal layaknya remaja seusianya dan mengganti namanya menjadi Megan. Hingga suatu saat, Hardman mengetahui bahwa 83 masih hidup, bersama dengan Number 84 (Sophie Turner) mereka pun mengejar Megan. Sementara itu ditempat lain, Victoria Knox berhasil lolos, dan kini memburu orang-orang yang pernah memburunya.

Meskipun dengan genre aksi komedi, film yang naskahnya ditulis oleh John D’Arco (A Grocery Story), film ini lebih menitikberatkan pada sosok Megan yang sedang mengeksplor masa remajanya setelah dari kecil harus belajar menjadi pembunuh di sebuah camp rahasia, ketimbang deretan adegan aksi layaknya film Hollywood kebanyakan. Tidak ada yang salah memang, hanya saja tidak ada konflik yang berarti yang layak untuk dikembangkan. Terlalu ringan. John lebih mengembangkan sisi humanis dan relasi antara karakter-karekternya, namun sayangnya tidak ada chemistry yang tercipta dari hal tersebut. Terlebih lagi dengan eksekusinya yang terkesan biasa saja. Alih alih menyajikan sesuatu yang klimaks, justru malah kebalikannya, antiklimaks.

Sementara itu di departemen aktingnya, untuk memerankan seorang agen pembunuh rahasia, Hailee belum cukup “gahar” untuk peran tersebut. Bahasa tubuhnya masih berkata lain ketika ia harus melakukan adegan aksi dengan lawan mainnya. Selain itu, setelah sebelumnya bermain di Pitch Perfect 2, sepertinya belakangan ini Hailee ingin menjajal peran-peran ringan, tetapi tetap saja, karakter Megan sama sekali tidak menguji kekuatan aktingnya, such a wasted talent.

OK, let’s wrap it up. Dengan mengusung genre aksi komedi, Barely Lethal telah memasang aktris remaja yang sedang naik daun menjadi magnetnya, namun bila tidak didukung dengan konflik yang mumpuni dan eksekusi yang baik, justru malah menjadi bumerang sendiri bagi film tersebut. Sayang.

2

Sutradara : Kyle Newman

Naskah : John D’Arco

Pemain : Hailee Steinfeld, Samuel L Jackson, Sophie Turner, Jessica Alba

Musik : Mateo Messina

Sinematografi : Peter Lyons Collister

Durasi : 136 menit

Studio : RKO Pictures

Distribusi : A24 Films

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s