PAPER PLANES – 2015

Paper Planes Diadaptasi dari salah satu episode serial dokumenter yang ditayangkan oleh ABC Television, Australian Story yang berjudul “Fly With Me”, film ini akan berkisah tentang seorang anak yang punya impian ingin memenangkan sebuah perlombaan pesawat kertas internasional. Sounds like a “you can do it if you want it” kinda movie, right? Well, here we go, Paper Planes.

Adalah Dylan (Ed Oxenbould) seorang anak, yang sering menjadi korban bully di sekolahnya, yang punya keinginan untuk memenangkan perlombaan pesawat kertas internasional. Berbagai kompetisi tingkat daerah berhasil dimenangkannya hingga akhirnya dia terpilih untuk mewakili Australia di ajang pesawat kertas internasional di Jepang. Atas dukungan berbagai pihak, akhirnya Dylan dapat pergi ke Jepang walaupun tanpa kehadiran ayahnya, Jack Webber (Sam Worthington), masih berduka atas kepergian sang istri yang meninggal akibat kecelakaan. Meskipun tanpa kehadiran yang ayah, Dylan mengikuti perlombaan tersebut dan membuktikan bahwa dia adalah adalah pembuat pesawat kertas terbaik di dunia.

Dari sisi cerita, tidak ada hal baru yang ditawarkan pada film ini. Layaknya film-film inspirasional lainnya dengan tema drama keluarga yang mengekplor hubungan ayah – anak, film ini memang tidak memberikan hal yang baru. Masih berkutat di perjuangan untuk mencapai impian, terhalang berbagai sandungan plus konflik keluarga di dalamnya. Meskipun begitu, dengan naskah yang ditulis oleh sang sutradara sendiri Robert Connolly (Balibo) dan Steve Worland (Bootmen), bangunan konflik yang muncul memberikan kehangatan hubungan tersebut yang berhasil mengikat secara emosional.

Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas peran para aktor yang terlibat di dalamnya. Sam Worthington (Avatar, Man on A Ledge) tampil mengikat meskipun dengan durasi yang terbatas, begitu juga dengan Ed Oxenbould (Alexander and The Terrible, Horrible, No Good, Very Bad Day) yang juga tampil natural dalam perannya. Chemistry yang tercipta diantara keduanya mampu memberikan nilai tambah tersendiri bagi film ini.

OK, let’s wrap it up. As been told before, film dengan tema seperti ini memang bukan barang baru, namun sesuatu yang biasa bila mampu digarap dengan baik tentunya akan memberikan hasil yang baik pula, sehingga tidak mengherankan bila film ini menjadi film anak dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah perfilman Australia. Well, Paper Planes just an ordinary father-son inspirational kinda film, but don’t let you being misjudged about it, it’s a feel-good movie, a heartwarming one.3 baru-1

Sutradara : Robert Connolly

Naskah : Robert Connolly, Steve Worland

Pemain : Sam Worthington, David Wenham, Ed Oxenbould

Musik : Nigel Westlake

Sinematografi : Tristan Milani

Durasi : 96 menit

Studio : Arenamedia

Distribusi : Roadshow Films

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s