THE LOFT – 2014

The Loft Merupakan remake dari Loft – film yang berhasil mencatatkan diri sebagai film Belgia terlaris sepanjang masa dengan peroleh penonton hingga mencapai 1,1 juta penonton – film ini tidak hanya disutradarai oleh orang yang sama, tetapi salah seorang aktornya juga kembali memerankan peran yang sama. Bagaimanakah performa versi berbahasa Inggris dari film tersebut?. Here we go, The Loft.

Bersama dengan keempat sahabatnya, Luke (Wentworth Miller), Chris (James Marsden), Marty (Eric Stonestreet) dan Phillip (Matthias Schoenaerts), Vincent memutuskan untuk berbagi condominium yang kegunaannya tidak lain adalah sebagai tempat “pelarian rahasia” bersama wanita simpanan mereka. Keadaan baik-baik saja hingga suatu hari, Luke menemukan seorang wanita tanpa busana terbaring tak bernyawa di atas ranjang. Ditengah kecurigaan yang menghantui satu sama lain, mereka harus menemukan siapa pembunuh wanita tersebut sebelum hal tersebut tercium oleh pihak yang berwajib.

Well, entah apa yang muncul di kepala Eric Van Looy hingga ia bersedia kembali menyutradarai versi berbahasa Inggris dari film Belgia yang juga ia sutradarai sebelumnya. Materi? pasar yang lebih luas? anything. But, that’s not the point. Masalahnya timbul ketika film yang kembali disutradarainya justru tidak mampu menyaingi film terdahulunya, malah jauh dibawah film sebelumnya. Menggandeng Wesley Strick (A Nightmare on Elm Street) sebagai penulis naskahnya, film yang sebenarnya punya premis yang sangat berpotensi menjadi thriller yang enganging ini justru hadir tidak tereksplor dengan baik. Sejak awal, penonton sudah disuguhkan dengan konflik menarik yang (diharapkan) akan mengikat hingga film berakhir. Namun sayangnya, karakter-karakter yang hadir kurang dieksplor hingga muncul ketidakempatian atas apa yang terjadi, motiv, ataupun siapa pembunuh sebenarnya. Pfiuh.

Meskipun begitu, The Loft masih hadir dengan beberapa credit point. Let say, sinematografi Nicholas Karakatsanis (The Drop) yang menarik terutama di awal presentasinya, suntingan Eddie Hamillton (Kingsman The Secret Service) yang dinamis dan jajaran aktor yang meskipun tidak tampil cemerlang namun juga tidak bisa dikatakan buruk.

OK, let’s wrap it up. Terlepas dari apapun alasan Eric hingga bersedia untuk kembali turun tangan, satu hal yang pasti, secara perolehan box office, film ini jauh dibawah film sebelumnya. Sebuah remake yang sia-sia, yang begitu mudah dilupakan begitu lampu studio dinyalakan. Sebuah prestasi? Tentu saja tidak.

2,5

Sutradara : Eric Van Looy

Naskah : Wesley Strick

Pemain : Karl Urban, James Marsden, Wentworth Miller, Eric Stonestreet, Matthias Schoenarts, Rhona Mitra, Rachel Taylor, Isabel Lucas

Musik : John Frizzell

Sinematografi : Nicolas Karakatsanis

Durasi : 103 menit

Studio : Anonymous Content, Woestijnvis

Distribusi : Open Road Films, Kinepolis Film Distribution

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s