PIXELS – 2015

Pixels-2015-Movie-Poster-Wallpaper Tidak banyak mungkin film yang diangkat dari film pendek yang mampu diterima dengan baik oleh kritikus film maupun oleh penontonnya, salah satunya mungkin karya Andrés Muschietti, Mama, yang dirilis beberapa tahun lalu. Kali ini, satu lagi film pendek dari sutradara Perancis, Patrick Jean, juga mendapatkan treatment yang sama yang berkisah tentang invasi makhluk asing ke bumi. Tidak seperti film kebanyakan, mahluk asing tersebut tidak hadir dalam bentuk yang menyeramkan namun justru terlihat menyerupai karakter-karakter dari game popular. Hmm, here we go, Pixels.

23 tahun setelah perlombaan dunia video game yang berhasil menobatkan Eddie Plant sebagai pemenangnya, bumi diserang oleh para alien yang berbentuk karakter-karakter dari video game lawas. Ternyata time capsule yang sempat diluncurkan ke luar angkasa pada acara tersebut dianggap sebagai sebuah tantangan perang dari mahluk bumi. Kini, 3 orang sahabat yang dahulu pernah mengikuti pertandingan tersebut Sam Brenner (Adam Sandler), Will Cooper(Kevin James) dan Ludlow Lamonsoff (Josh Gad) yang mengetahui hal tersebut harus menyelamatkan bumi dari serangan alien. Namun, tim tersebut tidaklah lengkap sebelum mereka mengajak Eddie Plant (Peter Dinklage) yang mengetahui secara pasti trik untuk memenangkan pertempuran tersebut.

Well, sudah selayaknyalah bagi sebuah film komedi untuk menghadirkan tawa bagi para penontonnya, namun sayangnya tidak bagi film ini. Baik Tim Herlihy (Grown Ups 2) dan Timothy Dowling (Just Go with It) sepertinya kesulitan untuk merangkai joke-joke kedalam dialog hingga terlihat segar. Bagi yang familiar dengan tipikal joke-nya Adam Sandler pasti akan terbiasa dengan berbagai guyonan-nya yang, yah seperti biasa sulit untuk memancing tawa, not even a smile.

Satu hal yang menarik mungkin adalah kenangan para gamer yang disegarkan kembali karena kehadiran karakter-karakter yang muncul di film ini, mulai dari Space Invaders, Pac-Man, Frogger, hingga Donkey Kong. Ditambah lagi dengan homage atas ikon pop culture yang popular di masanya seperti Madonna, karakter dari serial televisi Fantasy Island, hingga Ronald Reagen. Sedangkan kualitas 3D-nya, bila diperhatikan akan ada perubahan rasio tampilan gambar pada beberapa scene yang tujuannya untuk memaksimalkan efek 3Dnya, namun sayangnya tidak terlalu menonjol baik dari sisi depth maupun popped up-nya.

OK, let’s wrap it up. Bagi para gamers yang besar di era 80-an, menyaksikan film ini mungkin membawa kembali kenangan akan sebuah kejayaan game arcade pada masa tersebut, plus ikon-ikon pop culture yang sempat mewarnai dunia hiburan. Sedangkan bagi penonton lainnya, Pixels ini tidak lebih dari sebuah pameran komedi Adam Sandler yang sayangnya sama sekali tidak mampu memancing gelak tawa.

2

Sutradara : Chris Columbus

Naskah : Tim Herlihy, Timothy Dowling

Pemain : Adam Sandler, Kevin James, Michelle Monaghan, Peter Dinklage, Josh Gad, Brian Cox, Ashley Benson, Jane Krakowski

Musik : Henry Jackman

Sinematografi : Amir Mokri

Durasi : 105 menit

Studio : Happy Madison Productions, 1492 Pictures

Distribusi : Columbia Pictures

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s