THE CANAL – 2014

The CanalIt Follows dan Sinister mungkin adalah beberapa film horor yang jauh dari kebanyakan film sejenis lainnya. Baik pendekatan, tehnik maupun penceritaannya. Lelah memang bila harus (lagi dan lagi dan lagi) disuguhkan dengan tipikal film yang menabur adegan jump scene secara berlebihan ataupun tehnik found footage yang (kerap) meninggalkan efek pusing. Sebuah film horor asal Irlandia ini berkisah tentang pemilik yang mengetahui bahwa tempat tinggalnya pernah menjadi tempat penjagalan sebuah keluarga. Terdengar familiar? Really? Here we go, The Canal.

David (Rupert Evans) adalah petugas pengarsipan rel film lama, suatu hari partner kerjanya, Claire (Antonia Campbell-Hughes) memberikan sebuah film lama yang menunjukkan bahwa pernah terjadi sebuah pembunuhan di rumahnya pada tahun 1902. Sementara itu, pada sebuah jamuan makam malam, tanpa sengaja ia memperhatikan istrinya, Alice (Hannah Hoekstra) berbincang mesra dengan seorang pria. Curiga akan terjadinya sesuatu, ia pun mengikuti Alice diam-diam dan mendapati mereka sedang bercumbu. Dibakar cemburu, ia kembali, namun di tengah perjalanan, ia pingsan dan melihat istrinya dibunuh oleh sesosok pria yang pernah dilihatnya. Pria yang pernah membantai seluruh keluarganya pada tahun 1902.

Bila kebanyakan film horor hanya akan menyuguhkan puluhan adegan jump scene ataupun penampakan mahluk-mahluk menyeramkan secara berlebihan, tidak dengannya film ini. The Canal adalah salah satu film yang tidak hanya memberikan efek takut tetapi juga secara psikologis mampu memberikan perasaan mencekam kepada penontonnya. Adalah Ivan Kavanagh (Tin Can Man) yang bertindak selaku sutradara dan penulis skenarionya. Naskah Ivan seperti menggiring penontonnya ke dalam satu sisi gelap dari psikologis manusia yang rapuh dan mudah terpengaruh kondisi lingkungannya. Meskipun dengan tehnik penceritaan yang cenderung lambat, ivan dinilai berhasil menghadirkan sebuah konklusi yang berkesan.

Sedangkan dari departemen aktingnya, adalah Calum Heath yang berperan sebagai putra David yang tampil natural layaknya anak seumurannya, dan tentunya Rupert Evans (Agora). Sinematografi Piers McGrail juga meng-capture moment dengan baik ditambah lagi dengan tata musik Ceiri Toriussen yang pada beberapa bagian musiknya terdengar seperti gesekan biola khasnya Joseph Bishara pada Insidious.

OK, let’s wrap it up. Bila bosan dengan film horor Hollywood yang tidak pernah jauh dari gaya found footage maupun adegan jump scene yang berlebihan, film ini adalah sebuah pilihan yang tepat. The Canal tidak hanya akan memberikan efek takut tetapi juga mengusik sisi psikologis penontonnya. Sebuah sensasi lain dari sebuah ketakutan? Ya, tidak diragukan. 3 baru-1Sutradara : Ivan Kavanagh

Naskah : Ivan Kavanagh

Pemain : Antonia Campbell-Hughes, Rupert Evans, Steve Oram

Musik : Ceiri Toriussen

Sinematografi : Piers McGrail

Durasi : 92 menit

Studio : Park Films, Treasure Entertainment, Western Edge Pictures

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s