INSIDE OUT – 2015

inside_out_2015_movie-wide

Akhirnya, penantian itu berakhir juga. Meski mendapat jatah pemutaran lebih lama dari jadwal rilis internasionalnya, salah satu film yang sangat dinantikan tahun ini akhirnya diliris di Indonesia. Diproduksi oleh studio animasi yang terkenal dengan ide ceritanya yang tidak biasa dan temanya yang family friendly ini, film ini akan berkisah tentang apa-yang-ada-di dalam-pikiran-manusia. Seperti tag line-nya, “Meet the little voices in your head”, so here we go, Inside Out.

Bersetting di dalam pikiran Riley, Joy (Senang), Sadness (Sedih), Anger (Marah), Fear (Takut) dan Disgust (Muak), adalah 5 emosi yang dimiliki oleh anak yang berumur 11 tahun tersebut. Kelima emosi tersebutlah yang mengatur keseharian emosi Riley sejak ia lahir. Hingga suatu hari, Riley pindah ke San Fransisco yang lantas membuatnya sedih dan ia harus pindah ke sekolah baru. Di sekolah barunya, Sadness membuat Riley menjadi sedih, Joy yang tetap ingin membuat Riley bahagia mencegah Sadness melakukan hal tersebut. Sebuah kecelakaan terjadi, tanpa sengaja Joy melepaskan Memori Inti yang menyebabkan Riley menjadi kehilangan kepecayaan dirinya. Sementara itu, Joy yang menjaga Memori Inti tersebut bersama dengan Sadness tersedot ke Memory Jangka Panjang Riley. Kini mereka harus kembali dan mengembalikan Memori Inti tersebut atau Riley selamanya akan kehilangan kepribadiannya.

Brilliant! Itu mungkin kata yang paling tepat diberikan kepada film ini. (Rasanya) belum pernah ada film animasi yang memiliki ide secemerlang ini. Ide cerita yang benar-benar “di luar jangkauan” pemikiran kebanyakan orang adalah kekuatan utama pada film ini, ditambah lagi kompleksitas interaksi kelima emosi yang ada. Sungguh ini adalah sebuah ide yang benar-benar cemerlang. Adalah Pete Docter (Up) sosok yang memiliki ide tersebut. Berawal dari pengamatan yang dilakukan pada putrinya yang mulai menginjak remaja, ide ini pun muncul. Dibantu oleh Ronnie Del Carmen mereka pun mulai melakukan pengembangan cerita yang kemudian dituangkan kedalam naskah oleh Meg LeFauve, Josh Cooley dan Pete Docter sendiri.

Tidak seperti kebanyakan film produksi Disney’s Pixar yang bisa merangkul penonton dari segala umur, tetap dengan market share keluarga, kali ini sepertinya hanya penonton tertentu saja yang dapat menikmatinya, let say, remaja hingga dewasa. Ketika anak-anak hanya akan terhibur dengan visualnya yang indah dan karakternya yang menggemaskan namun bakal “tersesat” di dalam penceritaannya, penonton lain mungkin akan lebih bisa menikmatinya.

Selain itu, kredit lain juga layak sematkan kepada tim visual departemen-nya yang memvisualisasikan apa-yang-ada-didalam-pikiran-manusia menjadi begitu indah dan menarik dan juga Michael Giacchino (Up) yang bertanggung jawab di departemen musiknya juga tidak kalah memberikan kontribusi positif dalam penyampaian emosi film ini.

Seperti tradisi film-film Disney’s Pixar sebelumnya, sebuah film pendek berjudul Lava disajikan di awal presentasi Inside Out. Berkisah tentang sebuah gunung berapi yang merindukan sosok gunung lain yang bersedia menjadi pendampingnya. Satu hal yang menarik dari film ini yakni penceritaannya tidak mengalir melalui dialog seperti layaknya film biasanya, tetapi mengalir melalui sebuah lagu dengan aransemen musik khas Hawaii. Indah, manis sekaligus menyentuh. Lava, I lava you.

OK, let’s wrap it up. Pixar sekali lagi menunjukkan kekuatannya sebagai studio animasi terkemuka yang bisa memproduksi film dengan ide secemerlang ini. Sebuah pencapaian yang pastinya akan sangat sulit dicapai. Secara teknis, mungkin akan mudah lampaui oleh studio lain, tetapi dari sisi ide dan kompleksitas cerita?, belum tentu. And yes, Inside Out has the smartest idea that Pixar ever told. I couldn’t agree more.

star-1

Sutradara : Pete Docter, Ronnie del Carmen (co-director)

Naskah : Pete Docter, Meg LeFauve, Josh Cooley

Pengisi Suara : Amy Poehler, Phyllis Smith, Bill Hader, Lewis Black, Mindy Kaling, Richard Kind.

Musik : Michael Giacchino

Durasi : 94 menit

Studio : Walt Disney Studios Pictures, Pixar Animation Studios

Distribusi : Walt Disney Studios Motion Pictures

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s