THE SCORCH TRIALS – 2015

THE SCORCH TRIAL Kisah yang merupakan kelanjutan dari trilogi The Maze Runner yang juga diangkat dari novel kedua karangan James Dashner ini akan melanjutkan kisah para Gladers – yang dipimpin oleh Thomas – yang baru saja berhasil keluar dari labirin yang mengungkung mereka selama ini. Namun benarkan mereka telah benar-benar selamat? Here we go, The Scorch Trials.

Setelah berhasil melarikan diri dari labirin yang menyekap mereka selama ini, para Gladers yang diselamatkan oleh sekelompok organisasi dibawa ke sebuah tempat aman – yang akan melindungi mereka dari WICKED – yang dijalankan oleh Mr. Janson (Aidan Gillen). Thomas (Dylan O’Brien) yang tidak mudah percaya dengan hal tersebut tersebut segera mengetahui bahwa Mr. Janson bekerja sama dengan WICKED dan langsung menyusun rencana untuk melarikan diri dari tempat tersebut. Namun sepertinya itu bukan ide yang baik, karena sesuatu yang menuggu mereka diluar tempat itu jauh lebih mengerikan.

Berbeda dengan film sebelumnya yang lebih slow burn, pada seri kedua ini, petualangan Thomas dan kawan-kawannya jauh lebih menantang dengan bumbu adegan aksi yang lebih banyak. Bila naskah sebelumnya ditangani oleh Noah Oppenheim, penekanan pada naskah yang ditulis T.S Nowlin pun tidak lagi pada pengkarakteran tokoh-tokohnya tapi lebih ke perjuangan para Glader tersebut dalam bertahan hidup di alam yang keras.

Upaya Nowlin dalam merangkai adegan-adegan dibawah pengerahan Wes Ball memang tidak lagi perlu diragukan, namun mengingat banyaknya karakter yang terlibat di dalamnya, maka akan sulit untuk merasa terikat dengan tokohnya. Nowlin mencoba untuk memancing empati penontonnya dengan kematian salah satu tokohnya namun sepertinya upaya tersebut tidak berhasil mengingat tidak adanya keterikatan secara emosional dengan karakter tersebut.

Ok, let’s wrap it up. Instalment kedua dari trilogi The Maze Runner ini memang menyuguhkan sesuatu yang lebih segar, berani dan menantang, namun – layaknya film-film yang memiliki jumlah tokoh yang banyak – satu hal yang masih perlu ditekankan adalah emosi yang mengikat penonton dengan karakter-karakter tersebut. Bila mampu terikat dengan baik, maka dengan mudah akan ikut hanyut dengan kisahnya, namun sebaliknya, bila tidak terhubung dengan baik, maka akan menjadi sebuah pameran berbagai ketegangan tanpa ada sedikit pun emosi yang terlibat. An emotionless action-packed sequel, sort of.

2,5

Sutradara : Wes Ball

Naskah : T.S. Nowlin

Pemain : Dylan O’Brien, Kaya Scodelario, Thomas Brodie-Sangster, Dexter Darden, Giarcalo Esposito, Alexander Flores, Aidan Gillen, Ki Hong Lee, Jacob Lofland, Barry Pepper.

Musik : John Paesano

Sinematografi : Gvula Pados

Durasi : 131 menit

Studio : Gotham Group, Temple Hill Entertainment

Distribusi : 20th Century Fox

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s