THE MARTIAN – 2015

The Martian Film yang merupakan adaptasi dari novel science fiction karangan Andy Weir ini berkisah tentang upaya untuk bertahan hidup. Sekilas memang memiliki kemiripan dengan 127 Hours, All is Lost maupun Gravity. Yap, it’s about how to survive in an extreme place, hanya saja, bukan di sela-sela tebing seperti James Franco atau di laut lepas seperti Robert Redford ataupun di luar angkasa seperti George Clooney, melainkan di sebuah tempat dimana tidak pernah ada mahluk hidup sebelumnya, it’s Mars. Well, grab all your survival kit, buddy. Here we go, The Martian.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Mellisa Lewis (Jessica Chastain), yang beranggotakan Mark Watney (Matt Damon), Rick Martinez (Michael Pena), Beth Johanssen (Kate Mara) Alex Vogel (Aksel Hennie) dan Chris Beck (Sebastian Stan) harus berhadapan dengan badai besar di Mars ketika mereka sedang melakukan pengambilan sampel di permukaannya. Namun sayang, Mark mengalami kecelakaan ketika kembali memasuki pesawat dan dianggap tewas. Sisa tim pun kembali ke pesawat induk tanpa Mark. Setelah kejadian tersebut – sementara itu di bumi, di ruang kontrol NASA – sebuah pesan diterima dari Mars. Sebuah pesan dari Mark yang mengatakan ia masih hidup. Misi penyelamatan pun dipersiapkan, misi untuk membawa kembali Mark Watney yang berjarak 140 juta mil dari Bumi.

Surprise! Tidak seperti trailer-nya yang memiliki tone serius, film yang awalnya diperkirakan akan membawa ketegangan layaknya 90 menit pada Gravity ini justru tampil segar dan penuh humor. Naskah yang dipersiapkan oleh Drew Goddard (Cabin in The Woods) – yang awalnya direncanakan duduk di kursi sutradara – alih – alih menggiring ke ranah depressed-survivor theme, ia justru menyajikan humor segar di tengah sebuah bencana. Hal tersebut semakin diperkuat dengan pilihan lagu-lagu disko dari dekade 70 hingga 90-an mulai dari Waterloo-nya ABBA hingga Turn The Beat Around-nya Gloria Estefan yang kemudian ditutup dengan I Will Survive-nya Gloria Gaynor menjadi menjadi soundtracknya. Watta a classic disco tracks!

Selain itu, meskipun fiksi, Goddard dan Scott juga tidak lupa menyelipkan scientific matters tentang bertahan hidup dalam kondisi yang tidak normal, baik itu hal-hal teknis di lingkungan NASA maupun Watney yang bertahan hidup di Mars dengan alat yang seadanya, let’s say a MacGyver in Mars.

Ok, let’s wrap it up. The Martian has it all. Its scientific things, the thrills, the classic disco soundtracks, and (of course, the surprisingly) the humor. A complete package of a survival and rescue theme. It is.           

3,5Sutradara : Ridley Scott

Naskah : Drew Goddard

Pemain : Matt Damon, Jessica Chastain, Kristen Wiig, Jeff Daniels, Michael Pena, Kate Mara, Sean Bean, Sebastian Stan, Aksel Hennie, Chiwetel Ejiofor

Musik : Henry Gregson-Williams

Sinematografi : Dariusz Wolski

Durasi : 141 menit

Studio : Scott Free Productions, Kinberg Genre

Distribusi : 20th Century Fox

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s