AMERICAN ULTRA – 2015

American Ultra Dibuka dengan adegan seorang pemuda dengan wajah babak belur di sebuah ruang interogasi, film ini akan bertutur tentang sosok Mike, pegawai sebuah toserba yang ternyata bukanlah seperti pemuda-pemuda lainnya. Banyak korban yang telah berjatuhan malam itu dan ia harus menjelaskan semuanya kepada orang yang menginterogasinya dari awal. Well, lets get started, American Ultra.

Menjadi karyawan di sebuah toserba adalah keseharian Mike Howell (Jesse Eisenberg) yang telah tinggal bersama dengan kekasihnya, Phoebe Larson (Kristen Stewart). Sementara itu, di tempat lain, sebuah program pemusnahan dijalankan, dan Mike adalah sasarannya. Hingga suatu malam, Mike diserang oleh 2 orang yang tidak dikenalnya, namun alih-alih terluka akibat serangan tersebut, ia justru membunuh kedua orang yang mencoba membunuhnya. Ternyata ia memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni. Sejumlah tim pun diturunkan untuk memusnahkan Mike. Tanpa ia sadari, ternyata ia bukanlah seperti orang-orang kebanyakan. Sebuah rahasia tersimpan pada dirinya dan ia tidak mengetahui hal tersebut.

Pada beberapa bagian,film ini akan terasa seperti hybrid dari 2 buah film, yakni Lucy dan instalment Bourne. “From nothing into something”. (Beberapa bagian pada paragraph ini mengandung spoiler). Ok, let’s find out. Sejak awal penceritaannya, penonton hanya akan menyajikan keseharian Mike yang bekerja di sebuah toserba dan pacarnya Phoebe, dan yah keduanya adalah pemadat. Kehidupan yang biasa, hingga sebuah insiden penyerangan yang tanpa sengaja memicu kemampuan bela diri yang tersimpan di dirinya, well this part refers to Lucy. Setelah berjalannya waktu, ternyata diketahui bahwa ia adalah agen khusus yang telah cuci otak hingga tidak mengenal lagi siapa dirinya, and that’s belongs to Bourne. That’s why I called it as a hybrid, then. Sebuah kombinasi yang menarik dan segar, bukan?

Gaya penyutradaraan Nima Nourizadeh (Project X) yang cenderung lain dari yang lain bersama penulis naskahnya, Max Landis (Chronicle) lantas tidak membuat film ini menjadi sebuah thriller agen rahasia dengan tone yang serius. Tidak kehilangan adegan aksi tangan kosong dan ledakan-ledakan khas Hollywood, mereka juga menyisipkan dialog-dialog kocak yang membuat atmosfernya menjadi renyah. Disamping itu, beberapa twist juga sengaja disusun secara berlapis dalam penceritaannya yang tentunya akan memberikan kejutan tersendiri.

OK, let’s wrap it up. Kemampuan Nourizadeh dan Landis dalam meramu adegan dan ceritanya boleh dikatakan out of the box. Dengan selipan komedi dan twist berlapisnya, American Ultra tidak hanya berhasil menyuguhkan sebuah premis yang biasa menjadi tidak biasa tetapi juga mampu tampil segar dan mengejutkan.

3 baru-1

Sutradara : Nima Nourizadeh

Naskah : Max Landis

Pemain : Jesse Eisenberg, Kristen Stewart, Topher Grace, Connie Britton, Walton Goggins, John Leguizamo, Bill Pullman, Tony Hale

Musik : Marcelo Zarvos

Sinematografi : Michael Bonvillain

Durasi : 96 menit

Studio : The Bridge Finance Company, Circle of Confusion, Likely Story, Marced Media Partners, PalmStar Media Capital, PalmStar Entertainment, Tadmor Entertaiment

Distribusi : Lionsgate Films

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s